Sabtu, 08 Maret 2008

Time Line Terapi Hapus Trauma Masa Lalu

Kompas, Rabu, 27 Februari 2008 | 19:47 WIB

PERNAH marah, kecewa, sedih, terpukul, atau apa saja yang sifatnya emosional? Tahukah Anda, semua itu tersimpan di dalam pikiran bawah sadar, dan akan tetap di sana sampai kita mengambil pelajaran darinya? Lewat Time Line Therapy, Anda dapat menghilangkan akar kenangan pahit kehidupan.

Adalah Issa Kumalasari, yang mengembangkan Time Line Therapy (TLT) di Indonesia. TLT adalah teknologi menghilangkan emosi negatif berupa akar pahit dengan mudah dan santai, yang hasilnya berjangka panjang. Tujuan terapi ini adalah hidup yang lebih baik, sehat, dan mendapatkan apa yang Anda inginkan.

TLT mampu mengakses pikiran bawah sadar, yang secara kebetulan terjadi secara tidak sadar pula. Menurut Issa, pikiran bawah sadar adalah bagian penting dari pikiran kita yang secara tidak sadar memengaruhi kehidupan. Percaya tidak percaya, katanya, pikiran bawah sadar adalah sumber untuk setiap pembelajaran, perubahan, dan perilaku kita sehari-hari.

Temukan Time Line
Bagaimana cara kita menemukan time line? ”Cuma dengan membayangkan sejenak siapa yang menjalankan tugas mengedipkan mata, memacu denyut jantung, atau memproses makanan di dalam perut. Ada banyak hal yang mungkin tak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Itu semua adalah pikiran bawah sadr kita yang selalu menggerakkannya,” kata Issa.

Lalu, siapakah kita sekarang? Kita adalah sebuah koleksi memori yang terekam bertahun-tahun kemudian yang selanjutnya memengaruhi segala tindak tanduk kita.

“Sekarang coba pikirkan, Anda bangun di pagi hari yang segar, sinar matahari yang hangat menyelinap masuk ke sela-sela gorden kamar tidur. Coba ingat siapakah nama Anda? Yang jelas, Anda tahu persis pada saat kita bangun dan tahu bahwa Anda adalah Anda. Bisa dibayangkan kalau pikiran bawah sadar Anda tidak mengelola memori? Mungkin Anda akan lupa nama Anda setiap bangun pagi. Apa jadinya?” tanya praktisi hipnosis dari Lembaga Prima Motivasi ini.

Demikian pula saat Anda ditanya nomor telepon rumah kerabat. Dalam hati, Anda berpikir untuk mengatakan dalam hati di mana nomor-nomor itu disimpan? Ada di suatu tempat bukan? Issa yakin bahwa pembaca GHS percaya dengan pikiran bawah sadar. Kalau Anda tidak percaya, siapa lagi yang bisa Anda percaya?

Lewat TLT ini, katanya, kita bisa membersihkan emosi negatif, kepedihan, akar kecemasan, menghilangkan ketidakpercayaan, menghilangkan fobia, trauma, dan depresi. Selain itu, TLT juga bisa dipraktikkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan, menghilangkan kebiasaan jelek seperti merokok, dan menurunkan berat badan.

Bagaimana mendatangkan atau mengetahui time line? Berikut adalah metode yang Issa ajarkan:

1.Ingatlah sesuatu hal yang telah terjadi bulan lalu, setahun, atau 2-10 tahun lalu. Contohnya, kapan Anda membayar tagihan telepon bulan lalu?

2.Nah, pada saat Anda mengingatnya, dapatkah Anda sadari bahwa memori itu datang atau berasal dari dan menuju arah mana. Anda mungkin akan merasa masa lalu itu yang datang dari sebelah kiri dan masa depan menuju ke kanan. Saya percaya semua masa lalu saya datang dan berasal dari belakang kepala saya. Dan masa depan menuju ke depan kepala saya. Hal ini sangat individual dan beragam.

3.Ulangi langkah 1 dan 2, untuk 1 bulan ke depan, 5 tahun ke depan, atau 10 tahun ke depan

4.Sekarang gambarkan di manakah the past dan the future? Apabila keduanya dihubungkan dapat membentuk sebuah garis, tidak selalu garis lurus, bisa berupa kurva ataupun spiral.

5.Apabila Anda belum menemukannya, ulangi langkah 1-4. Yang penting, bangunlah hubungan dengan pikiran bawah sadar. Tanyakan pada pikiran bawah sadar Anda.

Mungkin sebagian dari Anda berpikir dan berkata dalam hati, ”Ah... kok saya tidak bisa?” Proses ini memang bukan proses konsep logika. Anda semua pasti menghargai proses rasional. Issa menambahkan, time line adalah cara bagaimana pikiran bawah sadar kita memyimpan memori.

”Tidak ada time line yang benar atau salah, baik, lebih baik, atau kurang baik. Ini hanya cara pikiran bawah sadar menyimpan memori. Time line Anda bisa berasal dari kiri ke kanan, atas ke bawah, atau sebaliknya. Bisa juga tidak membentuk garis lurus.

Bagaimanapun bentuk time line Anda, itu baik untuk Anda. Secara berkelompok Issa melakukan praktik TLT sebulan sekali, sedangkan untuk terapi individu sesuai perjanjian.

Anda ingin terbebas dari masa lalu yang membelenggu? Cobalah terapi TLT!

Mengambang di Atas Time Line
Bila Anda sudah menemukan dan tahu time line Anda, Issa akan melakukan uji coba. Berikut uji coba yang diberikan Issa:

1.Sekarang juga saya ingin Anda “mengambang naik ke atas” time line Anda. Anda ada di atas time line, dan naik lagi lebih tinggi, lebih tinggi, dan lebih tinggi lagi, sampai tingginya time line terlihat hanya 1 inci atau 25,4 mm. (Dalam melakukan hal ini pastikan Anda merasakan benar-benar mengambang naik di atas time line)
Catatan: Mengambang naik di atas time line bukan berjalan di atau menyusuri time line.

2.Sekarang kembalikan seperti semula

3.Apa yang Anda rasakan?

4.Sekarang Anda boleh kembali ke masa lalu. Ingat Anda masih “mengambang di atas” time line Anda. Kemudian pergi ke masa depan. Setelah selesai, Anda boleh kembali ke “sekarang/posisi” Anda dan buka mata.

5.Anda sudah mengetahui time line Anda. Kini, kita lanjutkan cara memanfaatkannya.

Manfaatkan TLT
Time Line Therapy (TLT) dapat digunakan untuk menghilangkan rasa waswas dan cemas. “Rasa cemas atau waswas adalah sebuah keadaan saat Anda merasa takut pada sesuatu yang sebenarnya belum terjadi. Kabar buruknya adalah perasaan ini kadang dapat merusak mood atau kondisi. Kabar baiknya, TLT dapat menghilangkan problem tersebut dalam hitungan menit,” kata Issa.

Berikut yang diajarkan Issa untuk menghilangkan rasa cemas atau waswas:

1.Temukan time line Anda (jika belum, ikuti langkah menemukan time line).

2.Ambil satu peristiwa yang Anda cemaskan atau khawatirkan. Kemudian cari apa sebenarnya yang Anda cemaskan.

3.Kemudian mengambang naik di atas time line dan pergi 15 menit ”setelah” peristiwa yang Anda cemaskan selesai dengan berhasil dan sukses.

4.Setelah Anda sampai di sana, putar badan Anda menghadap dan lihat ”sekarang” dan sepanjang time line Anda

5.Di mana rasa waswas atau cemas tersebut? Sudah hilang? Jika Ya, Anda sekarang tahu teknik yang mudah, ringan, dan menyenangkan dan dapat digunakan kapan saja Anda merasa khawatir.

6.Jika belum hilang, ulangi langkah ke-3 dan 4. Pastikan Anda membayangkan peristiwa yang Anda khawatirkan bisa selesai sukses. Ini adalah kunci sukses latihan.

Belajar Langsung
Time Line Therapy (TLT) ditemukan oleh dokter asal Amerika Serikat, Dr. Tad James, tahun 1985. Metode terapi ini telah berkembang pesat di AS, benua Eropa, Australia, dan Asia.

Issa Kumalsari (34) belajar langsung dari Tad tahun 2000. Ia memiliki berbagai sertifikat pelatih, di antaranya Time Line Therapy, Neuro Linguistic Programming (NLP), dan master hypnoterapist.

Ibu satu anak ini mengambil penuh model terapi yang diajarkan Tad. Sejak tahun 2002, ia mengembangkan dan mempraktikkannya di Indonesia. Saat ini ia menjabat direktur pemasaran Starfield Institute NLP dan Time Line Therapy Institute yang disetujui oleh American Board NLP dan Time Line Therapy Association di AS. Ia juga melakukan sertifikasi untuk sertifikat praktisi NLP dan master, serta praktisi TLT.

Time Line Therapy (TLT)
Graha Cempaka Mas
Rukan Blok E/7
Jl. Letjen Soeprapto Kav. 1
Jakarta Pusat
Telp. 4261778
HP. 081806971344


Penulis : Hendra Priantono
Sumber : Gaya Hidup Sehat

0 komentar: